Sabtu, 15 Mei 2010

Profil Internet Marketer Sukses

ANDREW DARWIS

Dia adalah founder dan Admin forum Kaskus. Mengapa mewawancarai pendiri Kaskus? Karena Kaskus merupakan forum terbesar di Indonesia. Sampai di kantornya, kami dibawa ke ruang rapatnya dan beberapa saat kemudian Andrew Darwis yang akrab disapa Mimin menyambut kami dengan senyumnya. Sosok yang sebelumnya kami bayangkan sebagai ”legenda” itu tampil nyata.

Dari hasil wawancara dengan Andrew Darwis, ternyata di balik suksesnya Kaskus, Mimin sudah mulai ngejalanin Kaskus sejak tahun 1999 bersama kedua temannya di Seattle, AS. ”Awalnya karena rindu Indonesia saat saya tinggal di Amerika. Di tahun-tahun itu tidak ada website tentang Indonesia, yang ada hanya website berisi berita-berita berat,” tutur Mimin tentang awal pembuatan forum Kaskus.
Forum ini dimulai dari komunitas teman-teman yang jumlahnya 20 orang. Lalu pelan-pelan bertambah sampai kini 1.155.769 member (data Oktober 2009) dan terus berkembang. Ini membuat Mimin senang sekaligus bersemangat mengurus forum. Dia tidak pernah membayangkan jika Kaskus dapat masuk 10 besar website di Indonesia.

Bagi Mimin, kesulitan paling sulit saat mengurus forum ada pada server. Dikarenakan, server harus beroperasi 24 jam dan tahan dari orang jail (cracker). Walaupun beberapa kali sempat dilanda masalah, ia teguh menghadapi semua itu.
Kata Mimin, loyalitas yang tinggi dari para member merupakan kekuatan utama Kaskus. Ini yang membedakannya dari website lain. ”Yang penting fokus! Jangan berpikir untuk langsung membuat sesuatu yang besar. Buatlah sesuatu yang unik dan beda dari yang lain. Kita pun harus memiliki passion, tidak boleh di tengah jalan lalu mundur.” Inilah pesan Mimin untuk MuDAers yang ingin belajar membuat forum atau situs web. (Kompas.com)

• Perjalanan Andrew Darwis

Awal mula dari tiga mahasiswa yang berasal dari Indonesia yang menuntut ilmu di Amerika Serikat. Salah satu diantara tiga orang tersebut adalah Andrew Darwis. Terciptalah sebuah situs pada tanggal 6 November tahun 2000. Delapan tahun kemudian situs itu yang telah diberi nama KASKUS oleh-nya telah menjadi situs komunitas Indonesia terbesar. Awal mula mendirikan KASKUS menurut Andrew, telah banyak orang Indonesia di luar negeri yang tidak bisa mengakses informasi dari Amerika tentang Indonesia, akibat keterbatasan situs yang ada pada saat itu kurang mencangkupi dan terbatas jangkauannya.
Maka pada tahun 2000 itu lah tiga mahasiswa yang berasal dari Indonesia menciptakan situs yang bernama KASKUS yang memungkinkan setiap orang Indonesia berbagi informasi.

Pada awalnya Kaskus kesulitan untuk mendapatkan satu anggota saja untuk bergabung menjadi anggota Kaskus, saking sulitnya , dalam 1 minggu maksimal hanya ada 3 orang yang bergabung menjadi anggota Kaskus, mereka bertiga terus melakoni usahanya diselingi dengan belajar dan bekerja di Amerika.
Dalam perjalanannya Kaskus pernah di Hack (di bajak) oleh YogyaFree (salah satu situs) , hal itu terjadi dikarenakan balasan akibat salah satu member Kaskus yang mengatasnamakan Kaskus mendiface situs YogyaFree, namun setelah ditanggulangi dan diselesaikan secara kekeluargaan hubungan kedua situs tersebut kembali harmonis.

Dari sebuah kantor yang letaknya terdapat di kawasan Kota Jakarta, awal 2008, mereka bahu membahu mengelola situs yang mereka buat. Dua bulan berselang, Kaskus resmi menjadi perusahaan profesional dengan nama PT Darta Media Indonesia.
Setelah itu, Kaskus terus berbenah dan berkembang. Bersama timnya,
Andrew tak segan turun langsung menangani perusahaan hingga ke masalah promosi atau pengenalan nama Kaskus di masyarakat Indonesia.

Pada enam bulan pertama setelah menjadi perusahaan profesional,
perkembangan Kaskus terbilang standar atau biasa saja. Namun dengan kerja keras yang di upayakan oleh mereka akhirnya semua itu
membuahkan hasil.

Darwis pun menyatakan bahwa jumlah anggota komunitasnya telah tumbuh empat kali lipat dari pertumbuhan semula. Jumlah itu lah yang membuat keanggotaan Kaskus yang berasal dari seluruh dunia menjadi yang terbanyak dibanding situs apa pun.
Dari saat itu, kaskus telah memutuskan untuk menambah server baru yang hingga saat ini tercatat sudah memiliki 26 server di Indonesia dan terdapat dua lainnya di Amerika Serikat dengan alasan keamanan dan kenyamanan akses bagi anggota Kaskus (Kaskuser). Tidak hanya mampu mendapatkan anggota baru dalam kisaran 150-250 orang per hari, banyak kaskuser (anggota komunitas Kaskus) yang sudah bertahun-tahun menjadi anggota, tetap setia aktif menjadi anggota kaskus tersebut.

Namun, walau sudah memperoleh keuntungan yang sudah terbilang banyak, Andrew pun dengan tegas menolak perusahaannya akan menomor satukan iklan nya. Apalagi, sudah tercipta kepercayaan jutaan orang terhadap Kaskus sebagai forum komunitas paling nyaman dan bebas bersuara. Andrew hanya ingin para kaskuser terus menikmati kenyamanan yang mereka sajikan untuk di pergunakan.
Kini KASKUS sudah memiliki anggota yang cukup banyak terbilang 634.547 dengan lebih dari 35 juta posting yang sudah diunggah (upload) dan dikomentari oleh para anggota kaskus atau disebut juga Kaskuser.


Berikut prinsip-prinsip yang diterapkan oleh Andrew Darwis, yaitu:

1. People to People, adalah best Indonesia forum yang memberikan user kapasitas untuk mengenerated content, dengan engage para user untuk memebuat content maka posting atau thread yang dihasilkan akan lebih menyatu , membumi, singkatnya lebih masuk dan tidak kaku layaknya koran atau media berita kertas. Hal utama lainya yaitu hemat , karna tidak perlu bayar writer, pertumbuhan content menjadi rapid, dan yang paling penting menjadi berita yang 100 x lipat lebih dipercaya di banding media cetak , ataupun berita digital yang dibuat oleh iklan.

2. Free , adalah Free Membership, Free Registrasi, dan kegiatan yang dimulai dengan anti Online Make Money principle. Maksud anti Online make moneyPrinciple adalah , sesuatu usaha dimulai dengan atau tanpa semangat untuk menghasilkan duit dan dimulai dengan hobby dan keinginan get community yang pada hasilnya bisa membangun community yang loyal, dan hasilnya bisa terlihat jika iklan atau advertising yang datang.
a. Mungkin hal ini tergolong sulit , dapat kita ingat saat di sekolah dahulu kita sudah dipengaruhi untuk fokus lulus sekolah, lulus kuliah dan mencari kerja kepada orang lain yang hasilnya apapun itu yang kita lakukan harus punya ROI.

3. Lokal atau Internet Lokal market, yang disebut juga penggunaan bahasa lokal dan istilah istilah bahasa indonesia yang sangat banyak , dan sangat membantu untuk Search Engine Optimization , hal ini membuat para pembelajar memiliki bahasa yang unik dan lebih memasyarakat dan lebih baik dibanding bahasa Indoesia formal, dan hasilnya Search engine Optimization Secret tercipta.

4. Segmented, salah satu cara yang masih berkesinambung dengan yang diatas, tetapi disini adalah pembentukan kelompok dengan dibuatnya thread khusus untuk komunitas group tersebut, jadi Indonesia yang terpisah dengan jarak ribuan mil dan ribuan uang yang harus keluar jika kita ingin bertemu dapat digantikan oleh Meet people by Online.

5. Unique Content, dapat dilihat dari Point pertama dan point tentang Localization , jika secara tidak sengaja program-program ini dapat membuat article yang tidak maksimal untuk SEO tetapi bisa diurutan pertama karena unique content.

6. High Page View, ini adalah salah satu rahasia yang sebenernya untuk advertising, karna kebutuhan advertising adalah awareness dan dilihat banyak orang, jadi Jumlah Page View sudah cukup untuk program ini mencari advertising.

7. Offline Gathering, Hasil dari terbentunknya community, lalu kegemaran kita untuk berkumpul , tericptalah gathering dengan membawa logo program ini, hebatnya program ini mendapat free advertising untuk brand merek produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar